Fanatisme Fans Boyband Korea BTS
Popularitas Gelombang Korean (Korean wave) atau yang lebih dikenal dengan Hallyu awalnya hanya bekembang di negara Asia Timur lalu menjadi populer diseluruh dunia hingga ke Indonesia (Jin, 2016). Perkembangan budaya Korea di Indonesia saat ini sangat populer dikalangan remaja dan dewasa baik perempuan ataupun pria usia belasan tahun hingga tiga puluhan tahun.
Related Keywoard:bts, bangtan sonyeondan, fans bts, army bts
Karena begitu populernya di Indonesia, Musisi dan Grup Idola Korea Selatan silih berganti menggelar konser di Indonesia. Tahun 2012 hingga 2014 menjadi tahun-tahun meledaknya K-pop dan kedatangan bintang-bintang K-pop juga menjadi sorotan utama media di Indonesia.
Di Indonesia terdapat boy band asal Korea yang sangat terkenal bernama BTS, BTS merupakan singkatan dari Bangtan Boys. Para fans musik Korea pastinya tidak asing dengan grup ini. BTS adalah grup idola yang terdiri atas 7 anggota, yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, Taehyung dan Jungkook.
Di Indonesia terdapat boy band asal Korea yang sangat terkenal bernama BTS, BTS merupakan singkatan dari Bangtan Boys. Para fans musik Korea pastinya tidak asing dengan grup ini. BTS adalah grup idola yang terdiri atas 7 anggota, yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, Taehyung dan Jungkook.
Melalui Instagram @fansbts.army, fans BTS melakukan sebuah aktivitas yang disebut dengan fansgirling yakni sebutan yang digunakan untuk mendeskripsikan kegembiraan berlebih atau bahkan ekstrim terhadap BTS, sebagai contoh seperti gambar berikut, fans BTS mengucapkan selamat ulang tahun kepada salah satu personil BTS Taehyung melalui Instagram.
Fansgirling berasal dari kata fansgirl dan fans lelaki disebut dengan sebutan fansboy. Penggunaan instagram untuk kegiatan fansgirling / fansboying menurut fans BTS dikarenakan yang pertama kali dilihat adalah gambar dari idola. Tak jarang juga jika fans BTS menghabiskan waktunya di depan gadget mereka selama berjam jam untuk bermain Instagram dan berdiskusi dengan fandom mereka yang mengarah pada perilaku fanatisme.
Penggemar (fans) selalu dicirikan sebagai suatu kefanatikan yang potensial. Fanatisme sendiri merupakan sebuah keyakinan terhadap objek fanatik yang dikaitkan dengan sesuatu yang berlebihan pada suatu objek, sikap fanatik ini ditunjukkan dengan aktivitas, rasa antusias yang ekstrem, keterikatan emosi dan rasa cinta dan minat yang berlebihan yang berlangsung dalam waktu yang lama.
Mencari informasi mengenai idola juga dilakukan oleh para fans BTS dengan cara mengikuti banyak akun Instagram fansite (fans yang selalu mengikuti idolanya kemanapun idolanya pergi, tidak hanya di dalam negeri, tetapi sampai ke luar negeri). Dalam menunjang hobi fans BTS, para fans banyak yang memiliki akun Instagram lebih dari satu akun, yang berfungsi untuk mencari tahu aktivitas para personel BTS dan juga digunakan untuk voting atau streaming project dari BTS.
Aktivitas fans BTS atau ARMY (sebutan nama untuk fans BTS) saat ini tidak hanya sebagai penikmat video, gambar dan teks media yang diunggah para personil BTS di Instagram, namun para fans juga dapat mengintepretasikan dan menciptakan makna dari unggahan tersebut. Intepretasi makna yang dibuat oleh ARMY berawal dari para personil BTS menggunggah foto / video / teks di akun Instagram mereka. Seperti para personil juga menggunakan Instagram untuk mempromosikan dan memberikan informasi project yang sedang mereka buat ke fans mereka. Postingan yang personil BTS unggah sangat menarik perhatian para ARMY dan tak jarang jika fans langsung menyimpan, mendownload bahkan menscreenshoot postingan tersebut.
Aktivitas lainnya yang dapat memperlihatkan perilaku fanatisme seorang fans BTS yakni berburu atau poaching dengan mencari sebanyak mungkin semua informasi mengenai semua idola mereka dari bagaimana kehidupan pribadi mereka, apa makanan-minuman favoritnya, playlist lagu favorit, foto terbaru personil, dan semua hal yang berkaitan dengan kesenangan dari idola mereka. Aktivitas ini membuat fans sangat aktif dalam mencari / berburu yang membuat mereka menghabiskan banyak waktunya untuk berselancar di dunia maya (Rinata & Dewi, 2019).
Merchandise BTS juga menjadi salah satu hal yang sangat populer dikalangan para ARMY. Para Army rela untuk mengantri dan melakukan PO atau pre-order demi memperoleh merchandise pertama kali. Mengkoleksi merchandise ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang di lakukan oleh fans BTS, yakni mengumpulkan atau collecting. Produk yang berkaitan dengan BTS memiliki dua (2) sifat yakni resmi (official) atau yang tidak resmi (unofficial).
Merchandise official BTS berasal dari pihak label artis yang menaunginya seperti album, lightstick, souvenir, baju, jaket, photocard, poster dll. Sedangkan produk unoffical BTS diproduksi dari fans yang memiliki kreativitas dalam membuat design semua hal yang berkaitan dengan BTS dan yang diproduksi ataupun tidak diproduksi oleh pihak label artis akan diproduksi oleh fans demi keuntungan dan kegembiraan para ARMY yang lainnya.
0 komentar: